Kamis, 17 Desember 2009

WUBI


WUBI berfungsi menginstall ubuntu dalam windows, dan membuat windows mengenalnya sebagai aplikasi layaknya program-program lain. Meski dikenal sebagai aplikasi di dalam windows, ubuntu tetap akan muncul sebagai opsi kedua saat akan boot ke dalam komputer. Kita tidak perlu mempartisi harddisk secara khusus untuk instalasi ubuntu ini.Untuk menggunakan wubi, kita tidak harus memiliki installer atau CD ubuntu, karena ia akan mendownload file ISO ubuntu langsung dari situs resmi ubuntu, sesuai versi WUBI yang digunakan.

WUBI kini tersedia dalam versi 8.10, sesuai versi rilis terakhir Ubuntu. WUBI awalnya dibuat oleh pihak ketiga di luar pengembang ubuntu, namun sejak 8.4, WUBI telah diakui secara resmi oleh ubuntu sebagai alat bantu instalasi pada OS windows. Bahkan WUBI kini sudah disediakan dalam Live CD ubuntu.
Sedikit kelemahan WUBI, adalah ketahanannya terhadap kejadian di luar prosedur seperti PC mati mendadak, atau hibernasi paksa akibat baterai habis. Jika kita membuka file pada ubuntu yang diinstal oleh WUBI, dan tiba-tiba terjadi hal-hal tersebut, kemungkinan besar filenya akan hilang, tidak seperti pada windows (state terakhir disimpan di hdd). Ini dikarenakan Ubuntu diinstal bukan pada file system khusus linux.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar