Sabtu, 10 April 2010

Konsep Dasar Pemograman Web

WEB STATIS
Yang dimaksud dengan WEB Statis adalah halaman web yang menampilkan informasi – informasi bersifat statis (tetap), karena pengguna tidak dapat berinteraksi langsung dengan halaman web tersebut. Jika dilihat dari tampilannya halaman web tersebut hanya berhubungan dengan halaman – halaman web lainnya yang menampilkan informasi – informasi tetap. Interaksi pengguna hanya terbatas dapat melihat informasi – informasi yang ditampilkan, tetapi tidak dapat mengolah informasi yang dihasilkan. Web statis ini biasanya merupakan dokumen HTML yang ditulis dengan menggunakan editor teks dan disimpan dalam bentuk file .html .htm.

WEB DINAMIS
Web dinamis adalah web yang dapat menampilkan informasi dan penggunaanya dapat berinteraksi langsung untuk mendapatkan informasi sesuai dengan kebutuhan yang tersedia. Dengan demikian pengguna dapat memilah dan memilih informasi sesuai dengan kebutuhannya saja. Pada umumnya web dinamis seperti ini menyediakan informasi yang ditampilkan dalam bentuk fom yang dapat diisi oleh pengguna sehinga berdasarkan isi dari form tersebut, akan ditampilkan informasi yang sesuai dengan kebutuhannya.

Pada dasarnya konsep pemograman web terdiri dari dua kategori, yaitu pemograman Server Side dan Client Side . Pada pemograman Server Side, perintah – perintah program (Script) dijalankan di server web, setelah diproses hasilnya akan dikirim ke browser dalam bentuk HTML biasa. Sedangkan pada Client Side, perintah program dijalankan pada browser web sehingga ketika klien meminta dokumen script maka script dapat didownload dari server kemudian dijalankan pada browser yang bersangkutan.

WEB SERVER SIDE
Program web yang tergolong Server Side antara lain : CGI/Perl,ASP (Active Server Pages), JSP (Java Server Pages), PHP, CFM (Cold Fussion), hasil parsing dari script pemograman Server Side ( missal ASP dan PHP) yang berupa HTML dari server web dapat dilihat dengan pemilihan menu View> Source Code, Pada Source Code yang ditampilkan bukan merupakan Script program yang dituliskan, melainkan hasil dari proses yang telah dilakukan oleh web server, karena script hanya diproses di server web dan hasilnya dikembalikan dalam bentuk tag –tag HTML yang kemudain ditampilkan pada browser.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar